Selasa, 06 Oktober 2015

Penyebab Rasa Kopi Kurang Nikmat Saat Dingin

Kopi merupakan salah satu minuman populer di Indonesia. Minuman ini sangat nikmat diminum saat pagi dan sore hari. Kopi memiliki rasa yang mampu memanjakan lidah karena memiliki rasa manis, pahit, dan asam. Jika disajikan dengan takaran yang pas maka dapat menghasilkan rasa nikamt dan lezat.

Namun pernahkah Anda merasakan kopi kurang enak saat keadaan dingin? Biasanya kopi dalam keadaan dingin akan lebih terasa asam dan dapat membuat Anda kembung. Menurut Adi W. Taroepratjeka, selaku Coffe Expert Indonesia mengungkapkan bahwa alasan kopi kurang nikamat saat keadaan dingin karena dipengaruhi oleh indera perasa kita. Saat kopi dalam keadaan dingin, indera perasa kita akan lebih mudah mendeteksi rasa asam pada kopi tersebut.

Peneliti dari Laboratory of Ion Channel Research di Kuba juga mengungkapkan bahwa reseptor dalam lidah lebih sensitif terhadap molekul dengan suhu ruangan (20-35 C). Jadi, makanan dengan kondisi panas atau lebih dingin dari suhu tersebut tidak akan terdeteksi oleh indera perasa. Sehingga ini membuat kopi tidak begitu terasa asam dan pahit , namun cenderung lebih nikmat.

Suhu kopi yang panas juga akan membuat aroma lebih sempurna. Secara tidak langsung membuat indera pencium kita lebih peka dan sejenak melupakan melupakan rasa asam dan pahit pada kopi. Jadi bagi Anda pecinta kopi, gar lebih menikmati minumlah saat kondisi panas.

baca juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar